Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa – Bulan puasa tinggal beberapa hari lagi dan salah satu yang sering menjadi salah satu duduk perkara ialah bau lisan yang tak sedap. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa umat muslim hanya makan dan minum ketika waktu berbuka dan sahur saja jadi lisan akan kering dan itu akan menyebabkan duduk perkara pada bau mulut. Seharian dari subuh hingga magrib tanpa makanan serta air maka kelenjar ludah tidak menghasilkan air liur untuk jumlah normal sebagai penyegar nafas. Walaupun memang bau lisan yang muncul pada dikala berpuasa itu wajar-wajar saja namun kebersihan lisan tetap dijaga dengan baik.


bau mulut
Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Bau lisan memang sedikit mengganggu kegiatan kita terutama bagi mereka yang selalu berinteraksi dengan orang lain setiap harinya. Walaupun bau lisan orang yang sedang berpuasa itu wajar atau normal tetapi kita pun tetap perlu menjaganya biar tetap segar selama menjalankan puasa. Ada beberapa cara mudah menghilangkan atau mencegah bau lisan tak sedap selama berpuasa yang mampu anda coba. 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa


Berikut beberapa tips cara mudah biar nafas tetap segar selama menjalankan ibadah puasa yang akan diulas di alasehat.net


Makan buah dan sayur


buah dan sayur
Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Buah dan sayur merupakan makanan yang mampu membantu menjaga bau lisan biar tetap segar selama berpuasa. Maka dari itu ketika sahur dan juga berbuka sempatkan untuk cukup mengkonsumsinya. Buah dan sayur dapat berfungsi menjaga kebersihan gigi secara alami dengan menghilangkan adanya plak pada gigi.

Minum air putih


Banyak minum air putih dapat membantu menjaga kesejukan lisan sehingga nafas tetap segar dan juga menghindari dehidrasi. Setidaknya ketika sahur dan buka konsumsi air putih 8 hingga 10 gelas bertujuan untuk menetralisir bau mulut. Air putih juga membantu proses produksi air liur pada rongga lisan sehingga kebersihan lisan tetap terjaga dan bau lisan segar selama berpuasa. 

Teh hijau


teh hijau
Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Teh hijau memang diyakini dapat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan salah satunya ialah untuk menjaga kondisi kesejukan lisan sepanjang hari selama berpuasa. Anda mampu mengkonsumsinya ketika sahur dan berbuka puasa. Hal ini dikarenakan dalam teh hijau memiliki kandungan polyfenol yang berfungsi membasmi bakteri yang ada di susukan pernapasan serta mulut. 

Cairan pencuci mulut


Diharapkan setelah sahur di pagi hari untuk membersihkan kawasan lisan dengan berkumur dengan cairan pencuci lisan menjadi lebih segar dan nafas pun menjadi segar. Cairan pencuci lisan atau mouth wash ini berfungsi membersihkan sisa makanan di kawasan gigi. Perlu diingat ketika anda berkumur dengan cairan pencuci lisan jangan hingga tertelan. 

Sikat gigi


sikat gigi
Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Langkah mudah selanjutnya untuk menghindari bau lisan tak sedap selama berpuasa yakni rajin menggosok gigi. Lakukanlah dengan teratur setelah sahur dan buka untuk membersihkan kotoran yang menempel di gigi sehingga menunjang kesejukan mulut.

Makan makanan berkarbohidrat


Tubuh kurang asupan karbohidrat juga mampu menyebabkan bau lisan maka dari itu perbanyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat untuk menghindari baru mulut. Asupan karbohidrat ditambah dengan biji-bijian , pisang , serta gandum akan membantu mencegah adanya bau lisan tak sedap selama puasa di siang hari.

Berkumur dengan baking soda


Jika anda memiliki stok baking soda di rumah mampu anda manfaatkan untuk mencegah bau lisan selama berpuasa. Caranya cukup dengan mencapurkan segelas air dengan air lemon , garam dan baking soda lalu gunakan untuk berkumur. Cara ini dapat membunuh bakteri penyebab bau lisan yang bersarang di mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa tersebut diatas mampu anda coba untuk membuat nafas anda tetap segar sepanjang hari selama berpuasa atau pun tidak. Mudah dan alami tentunya , selamat mencoba semoga bermanfaat. Baca pula Tips Menjaga Kebersihan Lidah serta jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk selalu menerima isu terbaru lainnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Mengobati Kurap Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Gatal Pada Kulit Dengan Bahan Alami

Manfaat Akupuntur untuk Penderita Jantung Koroner