Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan – Tanaman jarak biasanya dijadikan pagar hidup disekitar rumah atau dikebun. Tanaman ini seakan hanya sebagai pagar hidup yang tidak dapat dimanfaatkan. Namun siapa sangka bahwa tanaman ini merupakan salah satu apotek hidup yang mampu dimanfaatkan oleh insan khususnya untuk obat herbal tradisional. Penggunaan tanaman jarak sebagai obat herbal ternyata sudah ada dari jaman dahulu dimana orang jaman dahulu selalu memanfaatkan apa yang ada di alam sebagai cara untuk mengobati penyakit dalam tubuh.


daun jarak
Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Pada tanaman jarak ini hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan mirip biji buahnya , daun , atau pun getah pohon jaraknya. Bahkan jaman dahulu tanaman jarak ini dijadikan rebutan oleh para penjajah. Namun yang akan dibahas terlebih dahulu dalam kesempatan kali ini yakni perihal manfaat daun jarak untuk kesehatan tubuh manusia.  Daun jarak dapat dijadikan obat herbal alami yang dapat mengatasi banyak sekali problem pada kesehatan tubuh manusia.

Daun jarak memiliki banyak sekali kandungan baik untuk tubuh mirip astragalin , ricinine , keemferol , rutin , quercetin , nicotiflorin , amirin , sitosterol. Stigmasterol , teraksrol. Kandungan yang terdapat di dalam daun jarak ini menjadikannya sebagai obat herbal yang mampu membantu mengatasi banyak sekali problem kesehatan tubuh mirip  berikut.


Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan


daun jarak
Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan


Obat penurun panas


anak panas
Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Daun jarak dapat dijadikan obat untuk membantu menurunkan panas pada bayi. Cara yang harus dilakukan yakni dengan menyiapkan daun jarak segar diolesi minyak goreng yang baru dan panaskan diatas api hingga panasnya merata pada daun lalu letakkan pada perut bayi.

Mengobati kurap


Daun jarak mengandung minyak yang dapat membantu mengobati kurap serta banyak sekali problem yang terjadi pada kulit dengan efektif.  Senyawa aktif dalam minyak jarak yang disebut dengan asam undesilenat dapat mengobati kurap. Caranya dengan merndam daun jarak pada minyak kelapa diamkan selama beberapa jam dan kemudian dipanaskan lalu tempelkan pada kulit yang bermasalah tutup menggunakan kain katun diamkan hingga semalaman. Lakukan cara ini dengan teratur hingga penyakitnya sembuh.

Mengatasi BAB


BAB
Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Jika sedang mengalami susah BAB atau buang air besar mampu diobati dengan cara memanfaatkan daun jarak. Daun jarak yang masih segar dikukus dan dimakan untuk lalapan. Cara ini cukup efektif dalam melancarkan BAB anda.


Mengobati rematik


rematik
Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Rematik merupakan penyakit yang menyerang bagian persendian dan terasa cukup sakit biasanya sakitnya akan muncul pada pagi atau malam hari. Rematik sering  menyerang orang tua namun tidak ada kemungkinan penyakit ini menyerang orang yang masih muda. Cara mengobati rematik dengan daun jarak yakni dengan menghaluskan daun jarak dicampur sedikit air panas dan oleskan pada bagian tubuh yang nyeri sebab rematik. Lakukanlah dengan teratur  3 x di setiap harinya.

Efek samping daun jarak


Daun jarak ini memiliki efek samping terhadap kulit serta pada gangguan sistem pencernaan. Efek samping dari minyak jarak tersebut mirip diare , sembelit , dan pencernaan yang tak nyaman. Makara jikalau seseorang yang memilki iritasi pada usus , wasir , kram , radang usus , atau setelah operasi disarankan untuk tidak menggunakan pengobatan dengan minyak jarak. Makara dalam memanfaatkan daun jarak untuk mengobati problem pada kesehatan tubuh harus lebih berhati-hati dan jangan berlebihan.

Itulah Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan tubuh insan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk menerima isu terbaru dari alasehat.net dan bermanfaat. Like dan share ya guys

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ampuh Mengobati Kurap Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Gatal Pada Kulit Dengan Bahan Alami

Manfaat Akupuntur untuk Penderita Jantung Koroner